Moto

"Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. ."

Breaking News

SAMBUTAN KEPALA MADRASAH MIN 14 PADA KEGIATAN TASYAKURAN DAN PELEPASAN KELAS 6 ANGKATAN 18 MIN 14 AL-AZHAR ASY-SYARIF INDONESIA (MINASI) TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh Basmallah – Hamdalah – Shalawat

Yang terhormat :

  1. Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Jakarta Selatan, Bpk. Drs.H. Nur Fawaiduddin.M.Pd
  2. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Jakarta Selatan, Bpk Masturo, M.Pd
  3. Pengawas Madrasah : Bpk. DR. H.Yunyun Yunadi, Lc. MA & Ibu Dra. Endang Dwi Haryanti, .M.Pd
  4. Kepala Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif, Bpk. Wido Prayoga, M.Pd
  5. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 41Al-Azhar Asy-Syarif, Ibu Hajjah Faizah, atau yang mewakili
  6. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta, Bpk H. Drs. Syamsudin, M.Pd
  7. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri  6 Jakarta, Ibu Hajjah Tati, M.pd
  8. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri  8 Jakarta, Ibu Hajjah Nurlela Lubis, Lc
  9. Ketua komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri  14 Al-azhar Asy-Syarif, Bapak  Irham Romdoni, M.Pd. beserta jajarannya
  10. Pembina Komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri  14 Al-Azhar Asy-Syarif, Bpk. H. Arsidik, SE
  11. Al-asatidz wal asatidzah al-Fudola dan juga tenaga kependidikan
  12. Al-Mukarramun wal muhtararomun, para Orangtua/ wali siswa kelas 6 angkatan 18 

Dan Abnai wabanati al-izza, peserta didik kelas 6, para wisudaawan wisudawati yang ustadz cintai dan banggakan.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan kudrat dan irodat-Nyalah, kita bisa berkumpul dan bertatap muka di tempat yang terhormat ini dengan kita semua, dalam rangka menghadiri acara pelepasan dan wisuda kelas 6  angatan 18 ini. Solawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada jungjunan kita semua, baginda nabi besar Muhammad SAW. Berserta keluarga, para sahabatnya, dan ummatnya yang senantiasa menjalankan ajarannya. 

Para hadirin hadirat yang dirahmati Allah. izinkan saya sebagai pimpinan Madarasah, menyampaikan

Pertama ;  ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu semuanya di acara ini, wabil khsus kepada kepala kantor kementrian agama kota Jakarta selatan. Karena disela-sela kesibukan dan padat agenda tentunya, beliau masih berkenan menyempatkan untuk hadir di acara yang paling bersejarah dan ditunggu-tunggu terutama bagi kelas 6 angkatan 18 ini. 

Kedua;  atas nama civitas akademika MIN 14 Al-Azhar AsySyarif, mohon dibukakan pintu maaf atas kekurangan dan kehilafan dalam menyelenggarakan acara yang sangat berkesan ini, karena tentunya masih banyak hal -hal yang tidak berkenan di hati para Bapak ibu, hadirin semuanya. 

Khususnya Kepada para orangtua kelas 6 yang sebentar lagi, putra-putrinya akan dilepas dan dikembalikan dari kami atas nama guru, tenaga pendidik dan kependidikan, kepada bapak dan ibu semuanya, mohon dibukakan pintu maaf seluas luasnya, karena perjalanan proses pembelajaran kurang lebih 6 tahun, adalah perjalanan yang sangat Panjang dan cukup lama tetapi tidak terasa. Sehingga selama 6 tahun ini kebersamaan kita dalam mendidik putra-putri, tentunya pasti banyak hal-hal yang tidak berkenan dan bahkan jauh dari harapan dan ekspektasi bapak ibu semuanya.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah, Mengenang kondisi Covid 19 sejak tiga tahu lalu. Kurang lebih dua tahun putra-putri menerima pelajaran secara online, tidak ada interaksi sama guru, teman-temannya, bahkan ditambah dengan kedekatan mereka bermain gudget/ atau HP jauh lebih lama bahkan lepas control ketimbang perhatian mereka terhadap pelajaran pelajaran sekolah, sehingga sangat terpengaruh terhadap proses pencapaian pembelajaran. Maka sangat dimaklumi dan menjadi sebuah kewajaran, jika peserta didik kelas 6 sekarang berbeda dengan kelas 6 sebelum masa Covid. 

Maka Dengan demkian, dalam waktu kurang lebih setahun putra-putri kembali ke sekolah, belajar normal, bertatap muka, interaksi sama guru, teman-temannya, sesungguhnya pada awal pembelajaran tatap muka, kami guru-guru sangat merasa bingung, cemas dan khawatir, karena sungguh banyak materi-materi selama pembelajaran jarak jauh atau online, yang belum dikuasai oleh putra-putri. Tetapi karena dengan modal semangat kembali belajar di sekolah, baik dari putra-putri maupun kami selaku tenaga pendidik dan kependidikan, Alhamdulillah semua kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir. 

Bahkan dengan segala kerendahan hati dan rasa syukur kepada Allah SWT, angakatan ke 18 ini ternyata lebih banyak lagi capaian prestasinya. Terutama dalam program uggulan, yaitu tahfidz atau hafalan AL-Qur;an. Lebih banyak yang mampu melafalkan hafalannya sebanyak 10 juz dalam satu kali duduk, dibandingkan tahun sebelumnya. 

Izin kami informasikan, capaian prestasi hafalan Al-Qur’an angkatan 18 ini, selama kelas 6 ini sebagai berikut:

  1. Sebanyak 4 peserta didik yang yang mampu ujian sertifikasi sebanyak 5 juz dalam 5 kali duduk/ tahap
  2. ada 1 peserta didik yang mampu ujian sertifikasi sebanyak 7 juz dalam 7 kali duduk/ tahap
  3. ada 1 peserta didik yang mampu ujian sertifikasi sebanyak 8 juz dalam 8 kali duduk/ tahap
  4. ada 2 peserta didik yang mampu ujian sertifikasi sebanyak 10 juz dalam 10 kali duduk atau 10 tahap
  5. ada 4 peserta didik yang mampu ujian sertifikasi sebanyak 10 juz; dimana 5 Juz dilafalkan dalam satu kali duduk dan 5 Juz berkutnya dengan lima kali duduk atau 5 tahap
  6. ada 2 peserta didik  mampu melafalakan 10 juz dalam dua kali duduk. 
  7. subahnallah ….walhamdulillah.. wallahu akbar,  ada 4 peserta didik yang mampu melafalakn 10 juz dalam satu kali duduk. 

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah Itulah capaian prestasi hafalan Al-Qur’an yang sudah diraih putra-putri angakatan ke 18  selama kelas 6. Tentunya masih ada lagi prestasi -prestasi dibidang lain, baik dari bidang akademik maupun non akademik. 

Di antaranya, di angkatan 18 ini, ada 2 peserta didik yang berhasil lolos ke tingkat nasional dalam Olimpiade Bahasa Arab. Dan 2 peserta didik yang lolos mewakili DKI dalam even Madrasah Robotic Competision (MRC) nasional di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022.

Dan secara lembaga, alhamdulillah MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif untuk tahun pelajaran 2022  termasuk 3 besar  peraih Jakarta Madrasah Award, untuk katagori pretasi peserta didik.  Dan juga sebagai Madrasah yang peserta didiknya terbanyak peraih juara di event Jakarta Madrasah Competicion (JMC) 2022.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah Tentunya prestai ini semua adalah merupakan hasil jerih payah dan usaha dari semua elemen warga MINASI, yang semangatnya tidak pernah kendor,  kerjasama yang tetap solid,  saling mendukung dan saling suport, baik dari tenaga pendidik dan kependididikan, maupun dari orangtua.

Tentunya tidak sampai sini, Mudah-mudahan di masa yang akan datang,  MINASI semakin lebih baik lagi. Semakin banyak lagi peserta didik yang berprestasi. 

Dan sesungguhnya ada kompetisi nasional yang menjadi impian sekaligus menjadi PR buat kami semuanya. Yaitu Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat nasional yang akan dilaksanakan bulan september di Kota Kendari. Untuk itu, dengan dibarengi ikhtiar dan usaha kami semaksimal mungkin, dengan cara membina putra-putri untuk persiapan even nasioanl yang sangat bergensi ini, sudah berjalan dari sejak 5 bulan yang lalu, kami juga sangat membutuhkan dukungan dan doa dari bapak ibu semuanya. Semoga MINASI dapat lolos menghantarkan putra-putrinya ke KSM tingkat Nsional yang akan digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.   Amin yarobbal alamin.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah SWT, dan khususnya Bapak Kepala Kantor, izin, sebagai informasi terkait kelanjutan putra-putri angkatan 18 ini ke jenjang berikutnya, Alhamdulillah  60 % melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri, bahkan 50 % nya ke Matasa, atau MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarif, 30 % melanjutkan ke pondok pesantren dan 10 % melanjutkan ke SMP, baik SMP Negeri maupun SMP IT.

Itulah terkait kelanjutan belajar angkatan 18 ini ke jenjang berikutnya, yang mana Alhamdulillah 50 % dengan upaya dan usaha kami dalam mensuport putra putri ini untuk melanjutkan pembelajaran berikutnya, yaitu mata pelajaran atau kurikulum ke Al-Azharan Kairo-Mesir di MTsN 41 Al-Azhar Asy-syarif. Lebih-lebih jika putra-putri sudah punya cita-cita ingin melanjutkan langsung ke Al-Azhar Kairo Mesir.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah SWT, AKhinya, saya ucapkan syukron jazilan, Terima kasih banyak, kepada seluruh warga MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif, baik putra-putri peserta didik, para ustadz ustdzah tenaga pendidik dan kependidikan, wali kelas, ketua program kelas 6, dan korlasnya, Para koordinator, komite Madrasah, yang sudah memberikan dukungan dan kerjasamanya  baik moril maupun materil untuk memajukan MINASI, khsususnya angkatan 18 ini. 

Tidak lupa juga kami ucapkan beribu-ribu terimakasih kepada kepala Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, Bapak Drs. H. Nur Pawaiduddin,  yang selama ini terus memberikan motivasi, arahan dan bimbingannya kepada kami semua, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan panjang umur kepada beliau. Amin

Bapak ibu hadirin dimuliakan Allah SWt, demikian sambutan dari kami sebagai pimpinan madrasah,  dan kami mohon dengan segala hormat,  kepada kepala Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, untuk memberikan sambutan sekaligus arahan dalam acara wisuda kelas 6 angkatan 18 Tahun Pelajaran 2022-2023 ini. 

Terakhir anak-anakku angkatan 18, tentunya tidak ada kata yang terbaik disampaikan pada kesempatan ini, selain selamat jalan, dan selamat menempuh dan melanjutkan pembelajaan baru baik  di madrasah di sekolah dan maupun di pesantren. Kejarlah cita-cita dan mimpi kalian dengan terus semangat dan serius dalam belajar dimanapun tempatnya. Kami ustadz-ustadzah pasti akan selalu mengingat dan mendoakan, semoga kalian menjadi anak-anak yang solih solihah,  sukses yang selalu berbakti kepada orangtua dan bermanfaat bagi bangsa dan agama. Jagalah nama baik MINASI atau almamater di manapun kalian berada, dan tunjukan akhlak yang baik, akhlakul karimah, Akhlak Al-Qur’an yang selama ini kalian membaca dan menghafalnya. 

Terimakasih atas segala perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kehilafan. 

Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq 

Wassalamu’alaikum, wr,wb. 





No comments