“Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ”umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.”

Breaking News

Menyambut Para Wisudawan Tahfidz 2024

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh Basmallah – Hamdalah – Shalawat.

Yang terhormat :

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Jakarta Selatan, Bpk H. Masturo, M.Pd

Fadilatusy Sykeh Dakruri Abdu Naim Dakruri Masud

Pengawas Madrasah : Bpk. Dr. H.Yunyun Yunadi, Lc. MA & Ibu Dra. Endang Dwi Haryanti, .M.Pd

Kepala Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif, Bpk. Wido Prayoga, M.Pd  atau yang mewakili

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 41 Al-Azhar Asy-Syarif, Ibu Hajjah Dra. Faizah, atau yang mewakili

Ketua komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri  14 Al-azhar Asy-Syarif, Bapak  Irham Ramdani, S.Ap., M.Pd. beserta jajarannya

Al-asatidz wal asatidzah wal muwadzafun al-Fudola 

Al-Mukarramun wal muhtararomun, para Orangtua/ wali siswa 

Abnai wabanati al-izza wal ahibba,  peserta didik para wisudawan tahfidz Al-Qur’an yang ustadz cintai dan banggakan.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan kudrat dan irodat-Nyalah, kita bisa berkumpul dan bertatap muka di tempat yang mulia ini, hari sabtu, 20 Juli 2024 dalam rangka menghadiri acara wisuda tahfidz Al-Qur’an tahun pelajaran 2024. Solawat dan salam senantiasa tercurah kepada jungjunan kita, baginda nabi besar Muhammad SAW. Berserta keluarga, para sahabatnya, dan ummatnya yang senantiasa menjalankan ajarannya.

Para hadirin hadirat yang dirahmati Allah. izinkan saya sebagai pimpinan Madarasah, menyampaikan ;

Pertama ;  Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu semuanya di acara ini,  wabil khsus kepada kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Jakarta Selatan, Bpk H. Masturo, M.Pd, Karena disela-sela kesibukan dan padat agenda tentunya, tetapi beliau masih berkenan menyempatkan untuk hadir di acara yang paling bersejarah dan berkesan ini. Atas takdir Allah SWT, Beliau juga baru beberapa hari  tiba dari Tanah suci, masih dalam keadaan segar dan bercahaya bermandikan air zamzam. Semoga beliau mendapatkan haji mabrur. Amin ya rabaal alamin

Kedua;  atas nama civitas akademika MIN 14 Al-Azhar AsySyarif, mohon dibukakan pintu maaf sebesasar-besarnya atas kekurangan dan kehilafan dalam menyelenggarakan acara yang sangat berkesan ini, karena tentunya masih banyak hal -hal yang tidak berkenan di hati para Bapak ibu, hadirin semuanya. 

Hadirin hadirat yang dimulyakan Allah SWT, izin menyampikan bahwa para wisudawan tahfidz Al-Qur’an  yang sebanyak 242 siswa ini, Alhamdulillah sudah menyelesaikan hafalannya, bukan sekedar hafal saat mereka menyetorkan hafalannya dalam beberapa ayat atau beberapa halaman atau lembar kepada para ustadz atau ustadzah pembimbingnya, akan tetapi hafalan mereka sudah teruji dalam melafalkan hafalannya itu dihadapan penguji, sebanyak 1 Juz penuh dalam satu kali duduk.

Begitu juga dengan program Uji Publik 5 Juz, 10, 15, dan seterusnya dalam keliapatan 5 juz, mereka  bukan sekedar menyetorkan hafalannya satu juz satu juz sebanyak 5 kali kepada ustadz –ustadzah pembimbing, akan tetapi mereka mampu melafalkan hafalannya sebanyak 5 juz penuh di depan penguji dan para penyimak lainnya baik, secara ofline maupun online dalam satu kali duduk.

Hadirin hadirat yang dimulyakan Allah SWT, perlu kami sampaikan bahwa wisudawan tahfidz tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin sebanyak 266 siswa, tahun ini sebanyak 271 siswa. 

Sebanyak 271 ini terhitung dari kelas satu sampai dengan kelas enam dalam tahun pelajaran kemarin yaitu tahun pelajaran 2023-2024. Dari sebanyak 271 wisudawan tahfidz ini terdiri dari ;

Sebanyak 182 siswa yang sertifikasi 1 Juz

Sebanyak 44 siswa yang sertifikasi 2 Juz

Sebanyak 8 siswa yang sertifikasi 3 Juz

Sebanyak 2 siswa yang sertifikasi 4 Juz

Sebanyak 15 siswa yang sertifikasi 5 Juz

Sebanyak 2  siswa yang sertifikasi 6 Juz

Sebanyak 2 siswa yang sertifikasi 7 Juz

Sebanyak 13  siswa yang sertifikasi 10 Juz

Sebanyak 2 siswa yang sertifikasi 11 Juz

Sebanyak 1 siswa yang sertifikasi 12 Juz

Adapaun siswa yang mampu mengikuti uji public, terdiri dari ;

Sebanyak 3 peserta didik yang Uji Publik 5 juz dalam sekali duduk

Sebanyak 2 peserta didik yang Uji Publik 10 juz dalam 2 kali duduk

 Sebanyak 2 peserta didik yang Uji Publik 10 juz dalam sekali duduk

Dan 1 peserta didik yang berhasil Uji Publik 20 juz dalam sekali duduk

Hadirin hadirat yang dimulyakan Allah SWT, itulah capaian prestasi program tahfidz yang merupakan program unggulan yang telah diraih oleh para peserta didik MINASI selama tahun pelajaran 2023/2024. 

Adapun capaian prestasi di bidang lainnya, seperti bidang akademi, non akademik, dan keagamaan, sudah dihimpun, dinilai, dan dipublish oleh kantor kementrian agama provinsi DKI Jakarta, melalui bidang pendidikan madrasahnya dalam program tahunan yaitu Jakarta Madrasah Award 2024, pada tanggal 16 Juli kemarin bahwa, MIN 14 Al-Ahzar Asy-Syarif tercatat sebagai ;

Juara 1 prestasi siswa di bidang non akademik

Juara 1 Prestasi siswa di bidang keagamaan

Juara 2 prestasi siswa di bidang akademik

Dan dinobatkan sebagai Juara Umum Jakarta Madrasah Award 2024

Bahkan di awal tahun pelajaran baru ini, Tim Paskibra MINASI meraih juara umum dalam  Ajang Aksi & Kreasi Paskibra (JAKPAS) 2024

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah, tentunya prestasi-pretasi yang diraih  ini semuanya adalah merupakan hasil jerih payah, usaha, dan ikhtiar dari semua elemen warga MINASI, yang semangatnya tidak pernah kendor,  kerjasamanya tetap solid,  saling mendukung dan saling mensuport, baik dari Guru dan Tenaga kependidikan, bahkan dukungan penuh dari orangtua dalam hal ini komite madrasah.

Harapan kami Tentunya,  tidak sampai di sini, Mudah-mudahan di masa yang akan datang,  MINASI semakin lebih baik lagi. Semakin banyak lagi peserta didik - peserta didik yang berprestasi. Khususnya dalam capaian hafalan Al-Qur’an yang sudah menjadi program unggulan.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah SWT, Akhirnya, saya mengucapkan syukron jazilan, Terima kasih tak terhingga, kepada seluruh warga MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif, baik Kepanitian Wisuda Tahfidz ini, ketua program Sertifikasi Al-Qur’an, para ustadz ustdzah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, para wali kelas , para koordinator, dan terutama kepada komite Madrasah, yang sudah memberikan dukungan penuh dan kerjasamanya,  baik moril maupun materil untuk memajukan MINASI, khsususnya Acara Wisuda Tahfidz Al-Qur’an ini. Semoga Allah SWT membalas semua amal kebaikan bapak ibu semuanya.

Tidak lupa juga kami ucapkan alfu syukraon, terimakasih banyak, kepada kepala seksi pendidikan Madrasah Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, Bpk. H.Masturo, S.Ag  atas motivasi, arahan dan bimbingannya kepada kami semua, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan panjang umur kepada beliau. Amin

Bapak ibu hadirin dimuliakan Allah SWt, demikian sambutan dari kami sebagai pimpinan madrasah,  dan kami sekaligus memohon dengan segala hormat,  kepada kepala kepala seksi pendidikan Madrasah Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, untuk memberikan sambutan sekaligus arahan dalam acara wisuda tahfidz Al-Qur’an ini. 

Terakhir untuk anak-anakku para wisudawan, ustadz ucapkan alfu mabruk,  selamat karena kalian sudah mampu menghafal Al-Quran dan berhasil ikut sertifikasi sesuai dengan targetnya atau sesuai dengan muqorornya. Bahkan ada yang melebihi targetnya. Ustadz acungkan jempol, mantap. Al Hamdulillah…

Semoga kalian terus semangat dalam menghafal Al-Qur’an, terus menambah hafalannya sampai 30 juz, terus murojaah atau mengulang, karena salah satu untuk menjaga hafalan adalah dengan cara murojaah atau mengulang. Ingat membaca Al-Quran itu adalah ibadah. Membaca satu huruf Al-Qur’an saja adalah kebaikan, apalagi membaca satu ayat, satu surat, satu Juz, dan setrusnya. 

Sekali lagi semoga hafalan Al-Quran yang telah diraih membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan kalian berakhlak baik, berkahlak mulia, sopan santun, taat dan patuh kepada orangtua, kepada guru dan kepada teman dan saudara.

Syukron ala ihtimamikum, wal afwu minkum, Terimakasih atas segala perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kehilafan.  Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq  Wassalamu’alaikum, wr,wb.







Tidak ada komentar